MENGGAMBAR DAN MEWARNAI KARAKTER MANGA 'ONEPIECE' DENGAN CorelDraw - Kampung Elek - Trik

|Blog Kumpulan Trik Blogging, Sourcecode PHP, VB.net,VB 6,Javascript, Video Tutorial, Skema Elektronik Dll

Terbaru :

Adsense

Friday, April 19, 2013

MENGGAMBAR DAN MEWARNAI KARAKTER MANGA 'ONEPIECE' DENGAN CorelDraw




Inilah 'Monkey D Luffy' character utama anime dan manga OnePiece, dia juga adalah tokoh favorit saya selain Shinchan, Son go ku, Doraemon dan Batman tentunya. saya yakin setiap penggemar pernah mencoba menggambarnya, begitu pula dengan saya ...
dan ternyata untuk menggambarnya tidaklah sulit ...


saya menggambar Luffy menggunakan CorelDraw X4, jadi jika anda memakai CorelDraw X4 ke atas, anda tinggal mendownload file Rar dan meng-exstact-nya menjadi file Cdr. tapi seandainya anda memakai CorelDraw X3 ke bawah, filenya tidak akan bisa dibuka. maka saya sarankan untuk mendownload gambar Jpg di bawah ini, untuk kita jiplak bersama (klik pada gambar untuk menampilkan ukuran sebenarnya, lalu Save Image as ...).


buat anda yang mau menjiplaknya tinggak import gambar Jpg-nya,
atau klik kanan di gambar lalu Open With CorelDraw.

setelah gambarnya muncul klik kanan pada gambar pilih 'Lock Object'
supaya gambar terkunci, jadi tidak akan bergeser saat proses penjiplakan.



mulailah membuat garis dengan Bezier Tool, dan mengikuti garis yang sudah ada.
buatlah setiap garis berwarna merah dulu agar tampak jelas dan mudah dalam mengedit




setelah selesai semua garis (Outline) rubah warna garisnya menjadi hitam kembali.
pilih semua dan di Group (Ctrl+G), sekarang gambar Jpg-nya sudah bisa disingkirkan



dan bagi anda yang menggunakan CorelDraw X4 ke atas, anda tak perlu melakukan semua hal itu, karena gambar berbentuk Outline sudah saya sediakan. untuk mendownload filenya klik di sini. jadi anda tinggal mewarnainya saja ...


mulailah memilih bagian gambar yang akan diwarnai, gunakan Bezier Tool klik dan klik
sampai membentuk sebuah kurva bebas



buka Uniform Fill dari Tool Box ubah orentasi warna dari CMYK menjadi RGB
masukan angka dibawah ini
R:238 G:195 B:153





Drag disekitar kurve dengan Shape Tool, klik Line to Curve

kini anda sudah bisa mengedit Node dan mengatur Node Control


gunakan Cusp supaya pergeseran Node Control yang satu tidak mempengaruhi Node Control lain. tekan Shift+PageDown untuk menyimpan ke belakang (send to back).


setelah dirasa cukup, lakukan lagi langkah yang sama untuk mewarnai bagian yang lain. susun objek menurut urutan warna dengan Outline (yang tadi sudah di Group) paling depan.

jangan lupa gunakan F2 (untuk Zoom in), F2 (untuk Zoom Out), F4 (untuk Zoom All Object). Shift+F9 (Wireframe) untuk memilih objek yang sudah terlalu bertumpuk.
untuk warna anda bebas menentukan sendiri, atau gunakan 'Eyedropper Tool' di Tool Box, untuk menentukan komposisi warna


setelah selesai gambarnya seperti ini,


ini hanya sebagai contoh saja, anda bebas mebuat gambar apa saja yang di inginkan, dengan menggunakan cara cara di atas.

... Saya tidak berkeberatan, seandainya ada yang meng-copy paste, artikel ini. asalkan dengan menuliskan juga sumber aslinya. sebagai sedikit respect atas jerih payah penulisnya !!

... salam !

No comments: