Skema Inverter DC to AC 220V 200 Watt - Kampung Elek - Trik

|Blog Kumpulan Trik Blogging, Sourcecode PHP, VB.net,VB 6,Javascript, Video Tutorial, Skema Elektronik Dll

Terbaru :

Adsense

Saturday, March 30, 2013

Skema Inverter DC to AC 220V 200 Watt

Skema Inverter DC to AC 220V 200 Watt. Berikut ini saya share skema rangkaian inverter dc to ac 220 volt 200 watt. Skema ini merupakan pemberian seseorang dan sudah dipraktekkan dengan hasil yang katanya cukup memuaskan. Rangkaiannya cukup sederhana dengan komponen yang banyak tersedia di pasaran. Berikut ini skema nya:
Komponen utama dari rangkaian inverter dc ke ac 220 volt 100 watt di atas adalah IC Mosfet CD4047 yang berfungsi sebagai pembangkit flip-flop untuk menggerakkan atau memicu MOSFET IRF540 secara bergantian yang terpasang pada kumparan primer transformator sehingga menghasilkan tegangan dan daya induksi pada kumparan sekunder. Kecepatan kerja flip-flop sebagai pemicu diatur menggunakan Variable Resistor R6 1K untuk menghasilkan frekuensi sekitar 50Hz sesuai dengan frekuensi jala-jala listrik.
Pada skema rangkaian inverter dc to ac di atas, daya keluaran juga ditentukan oleh arus accu yang digunakan. Dengan arus accu seperti skema di atas dapat dihasilkan daya output lebih dari 100 Watt. Untuk daya keluaran di atas itu (sekitar 200 Watt), dapat digunakan accu yang lebih besar (2 kali) dan menambah transistor MOSFET masing-masing sisi menjadi 2 buah dengan cara paralel dengan menambah juga resistor R3, R4 220 Ohm. Transformator yang digunakan pada skema di atas adalah 5 Ampere. Untuk daya yang lebih besar, selain harus dilakukan penambahan transistor MOSFET juga harus digunakan transformator dengan kapasitas yang lebih besar (di atas 5 Ampere).

Sumber :http://oprekzone.com/skema-inverter-dc-to-ac-220v-00-watt/

No comments: