Kumpulan Skema Inverter Dc 12 Volt to Ac 220 Volt - Kampung Elek - Trik

|Blog Kumpulan Trik Blogging, Sourcecode PHP, VB.net,VB 6,Javascript, Video Tutorial, Skema Elektronik Dll

Terbaru :

Adsense

Saturday, March 30, 2013

Kumpulan Skema Inverter Dc 12 Volt to Ac 220 Volt

Inverter Memang di perlukan pagi yang tinggal di tempat yang PLN-nya byar-per kaya di rumah saya, Sekarang ini memang sudah banyak banget di toko-toko elektronik Inverter kecil dengan harga murah namun dengan Daya (watt) yang besar, hanya saja pengalaman saya menggunakan Inverter tersebut Daya sesungguhnya dengan yang tertulis itu beda jauh.
Akhirnya saya mencoba membuat inverter sendiri, dengan beberapa skema inverter yang saya cari-cari melalui paman google tentang Kumpulan Skema Inverter- Dc 12 Volt to Acc 220 Volt, dari hasil pencarian itu kemudian saya cari yang termudah terutama dari segi komponen, maklum saya yang tinggal di kampung memang komponen elektronik agak sulit di dapat.
Dari sekian banyak skema inverter yang saya dapat, hampir semua menggunakan Ic CD 4047 yang merupakan IC yang menghasilkan gelombang kotak-kotak, kemudian dari IC tersebut di perkuat Amperenya dengan menggunakan beberapa transistor yaitu D313 dan 2n3055 (jengkolan). dan dari transistor tersebut di alirkan agar menginduksi transformator step-up yang di buat dari tarnsformator biasa (step-Down) hanya di balik saja pemasangannya.
Berikut ini kumpulan Skema Inverter yang saya dapat dari hasil ngubek-ngubek mbah google.

Yang di atas ini yang gak pake IC cd4047 tapi menggunakan Transistor 2sc9012 yang di buat sedemikian rupa agar menjadi rangkaian flip-flop dengan getaran 50Hz, Skema di atas memiliki daya sekirat 500 watt tergantung kualitas transistor Jengkolan yang terpasang.

Nah yang ini menggunakan Ic CD 4047 nih, hanya dayanya mungkin lebih kecil dari yang di atas, yaitu sekitar 100 watt, kalau mau gabungin yang di atas ke bawah juga bisa,, tinggal ganti aja rangkaian transistor Flip flopnya dengan IC cr 4047
Berdasarkan pengalaman saya komponen yang paling sulit di cari khususnya di kampung saya ya IC CD 4047 ini saya sampai keliling nanya-nanya ama kenalan-kenalan yang ada di surabaya dan di makasar, saya juga heran kok toko komponen elektronik yang online agak jarang ya,,?

sumber : http://www.haryantoblog.com/2011/09/kumpulan-skema-inverter-dc-12-volt-to-ac-220-volt.html

No comments: